Monday, March 25, 2013

Cara Mengobati Telinga Berdengung

mengobati telinga berdengung
Tinnitus atau telinga berdengung merupakan suara yang tidak diketahui asalnya yang hanya didengar di telinga si penderita. Suara yang didengarnya beragam, dengungan, mengerik, deruan, raungan bahkan suara desis dengan tingkat gangguan yang berbeda, sampai-sampai ada yang stress dikarenakan gangguan ini. Apa penyebab dan Bagaimana mengobati telinga berdengung ini? simak yang berikut ini.



Penyebab telinga berdengung

Telinga berdengung bisa disebabkan karena liang telinga yang tersumbat, terpapar suara keras atau karena akibat reaksi terhadap obat tertentu, juga bisa karena kebanyakan minum kafein. Namun telinga berdengung juga dapat menjadi salah satu pertanda adanya penyakit yang serius seperti  jantung, alergi, darah tinggi, anemia.

Para ahli saat ini juga belum dapat memastikan proses terjadinya suara-suara tersebut, maka sebelum mengambil tindakan sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda. Biasanya, dokter akan memeriksa apakah terdapat infeksi, tersumbat ataukah gangguan pendengaran.

Cara Mengobati Telinga Berdengung


1. Anda bisa cek, apakah sebelumn anda meminum obat tertentu atau mendengar bunyi yang keras. Jika karena bunyi-bunyian keras, maka mengobati telinga berdengung dengan menghindari bunyian-bunyian tersebut atau pakailah penyumbat telinga jika berhadapan dengan bunyi-bunyian yang anda curigai sebagai penyebabnya.

2. Untuk menghindari bunyi dengung, anda juga dapat mendengarkan musik yang anda suka, namun ini sifatnya sementara saja, tidak dapat mengobati telinga berdengung.

3. Tidak mengonsumsi pemicu telinga berdengung, seperti nikotin, kafein dan alkohol selama beberapa minggu.

4. Ada sebuah terapi, dengan memasukkan peralatan kecil ke dalam telinga yang mengeluarkan suara yang lebih rendah dari pada suara tinnitus, tujuannya agar otak menjadi terbiasa mengabaikan tinnitus, cara ini agaknya banyak menolong. Tetapi, sebaiknya dilakukan dengan orang yang ahli dalam hal ini.

Namun jika tinnitus tetap berkepanjangan dan mengganggu, sebaiknya anda konsultasikan ke dokter anda dan ikuti saran dokter anda untuk mengobati telinga berdengung anda.

1 comments:

  1. gan, ane pernah kena penyakit telinga berdengung. alhamdulilah udah aga sembuh, saran ane langsung bawa aja ke dokter tht.

    buat yang di bandung, ane berobat ke klinik jaya abadi, di jalan buah batu. silahkan dicoba gan

    ReplyDelete