Tuesday, March 19, 2013

Tips Untuk Menghilangkan Stress

tips menghilangkan stress
Problem atau masalah merupakan hal yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Setiap manusia pasti memiliki masalah dan masalah yang dimiliki oleh masing-masing manusia berbeda satu sama lain. Sebagian besar masalah memiliki jalan keluar, tetapi dalam banyak kasus, masalah-masalah tersebut dapat menimbulkan kepanikan dan kebimbangan pada seseorang sehingga menimbulkan suatu “atmosfer” yang tidak menyenangkan seperti perasaan tertekan, bersalah, ketakutan, dan lain sebagainya. Perasaan-perasaan tidak menyenangkan yang ditimbulkan oleh suatu masalah inilah yang biasa disebut sebagai stress. Berikut penyebab stress dan Tips Menghilangkan Stress.

Ancaman stress


Stress dapat terjadi di setiap tingkatan umur dan tingkatan sosial. Stress dapat menyerang anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Stress juga dapat menyerang baik orang miskin maupun orang kaya. Penyebab stress yang menyerang anak-anak tentu berbeda dengan penyebab stress yang menyerang orang dewasa, namun efek yang ditimbulkan dapat sama. Penderita stress dapat mengalami kondisi psikologis yang berat sehingga mampu mengganggu berbagai kegiatan sehari-hari. Bahkan pada beberapa kasus stress yang tinggi dapat menyebabkan sifat paranoid yang terkadang mampu mendorong seseorang untuk melakukan percobaan bunuh diri. Pada beberapa kasus, stress juga dapat berujung pada gangguan jiwa yang berat atau sering disebut dengan “gila”.

Penyebab stress


Stress memiliki berbagai penyebab, yang bervariasi pada setiap orang. Pada usia anak-anak, penyebab stress biasanya terletak pada faktor pergaulan, dan faktor pendidikan di sekolah. Banyak anak stress dikarenakan tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Banyak juga anak stress karena dimarahi secara terus menerus oleh orang yang lebih tua. Sedangkan pada orang dewasa, faktor penyebab stress lebih kompleks seiring dengan makin kompleksnya aspek-aspek kehidupan yang musti dilalui oleh setiap orang dewasa. Pernikahan yang tidak bahagia dapat membuat orang stress, begitu juga dengan lingkungan pekerjaan yang tidak nyaman.

Manajemen stress


Stress juga dapat diatur dengan apa yang bisa disebut sebagai manajemen stress. Setiap orang perlu sadar bahwa sebenarnya stress merupakan hal yang harus dilalui jika ingin survive dalam hidup. Stress dapat dikendalikan dengan merenungkan kembali dan menganalisa penyebab stress. Jika seseorang dapat menganalisa penyebab stress secara bijak, maka efek yang ditimbulkan oleh stress akan jauh berkurang dan dapat dikendalikan. Hal ini dapat terjadi karena dengan mengetahui penyebab stress, maka seseorang juga dapat mengetahui solusi yang mungkin diperlukan untuk mengatasinya.
 

Tips Cara mengurangi dan menghilangkan stress

senyum


1. Optimisme

Optimisme membuat anda dapat membuang stress. Bergaul dengan orang-orang yang positif, dapat menularkan optimisme. . Berpikir positif telah dibuktikan oleh berbagai penelitian sebagai salah satu tips menghilangkan stress yang paling efektif.

2. Tidur Cukup

Tips menghilangkan stess selanjutnya adalah tidur. Melalui tidur anda dapat menghilangkan stress. Cobalah tidur pada saat anda marah atau stress, begitu bangun biasanya stress akan berkurang atau hilang sama sekali. Tapi jangan sampai anda kelebihan tidur, karena kelebihan tidur dapat menyebabkan anda tambah stress.

3. Tertawa

Tertawa dapat membuat sel-sel kekebalan tubuh berfungsi menjadi lebih baik. Namun jangan berlebihan dalam tertawa, karena itu tidak baik.

4. Olahraga Teratur

Olah raga akan membuat metabolisme yang baik dalam tubuh dan pikiriran anda, Dengan olah raga yang teratur akan membuat sistem kekebalan tubuh, jantung, tulang dan otot dan manajemen stress anda menjadi lebih baik.

5. Bersyukur

Bersyukur kepada tuhan juga merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi stress. Bersyukur dapat menumbuhkan optimisme, membuat anda enak tidur, dapat tersenyum dan membuat hidup menjadi lebih tenang. Mulailah hari-hari anda dengan bersyukur, anda dapat terhindar dari stress.

Stress juga dapat dikurangi dengan berempati pada orang lain. Dengan berempati pada orang lain, seseorang juga dapat melihat berbagai kenyataan di dunia bahwa masih banyak terdapat orang yang lebih tidak beruntung. Dengan tips menghilangkan stress, maka seseorang dapat mengurangi atau menghilangkan efek negatif stress yang dapat membahayakan.

0 comments:

Post a Comment