Monday, April 22, 2013

6 Bulan Kehamilan dan Fakta Menarik yang Perlu Disimak

6 bulan kehamilan
Jika trisemester pertama kehamilan dianggap sebagai masa-masa terberat, trisemester kedua hingga usia kehamilan 6 bulan disebut sebagai ‘masa tenang’. Masa tenang yang dimaksud adalah masa dimana kita bisa sedikit menarik napas setelah melalui tiga bulan pertama yang penuh mual, muntah, ngidam, dan penyesuaian tubuh ibu terhadap tahap mengandung. 

Namun bukan berarti di usia 6 bulan kehamilan, seorang ibu dapat berbuat sesuka hatinya seperti tidak menjaga pola makan yang sehat, melakukan aktifitas yang dikehendakinya, dan lain-lain. Meskipun ibu dapat sedikit lebih bersantai daripada trisemester pertama karena janin telah berkembang menjadi lebih dewasa dan tidak lagi rawan, keselamatan dan kesehatan ibu serta janin haruslah tetap menjadi prioritas utama. 



Berikut adalah fakta-fakta menarik yang periu diperhatikan pada usia kehamilan 6 bulan.

  1. Fakta pertama yang sudah banyak diketahui adalah di usia 6 bulan ini, janin mengalami pendewasaan bagian-bagian tubuh yang vital seperti tulang, kelopak mata, dan paru-paru. Pertumbuhan bagian-bagian alat tubuh tersebut disertai dengan pertumbuhan fungsi yang dimiliki masing-masing. Tulang yang telah berkembang lebih kuat dapat memicu janin menendang lebih kuat, pula kelopak mata yang mulai terbentuk dengan sempurna, serta paru-paru yang telah dapat memproduksi cairan surfactant yang berfungsi mencegah lengketnya paru-paru satu dengan yang lainnya.
  2. Perut semakin membesar. Setelah 12 minggu, rahim membesar dan melewati rongga panggul. Pembesaran rahim akan bertumbuh sekitar 1 cm setiap minggu. Pada kehamilan 20 minggu bagian teratas rahim sejajar dengan puser (umbilicus). Setiap individu akan berbeda-beda tapi kebanyakan wanita akan mulai tampak pembesaran perutnya pada kehamilan 16 minggu.
  3. Sendawa dan Buang angin. Pada trimester ini anda akan bersendawa atau ingin buang angin/kentut pada saat yang tidak seharusnya—jangan bingung—anda tak sendirian mengalami masalah ini. Sendawa dan buang angina adalah keluhan yang paling sering selama kehamilan. Hal ini karena usus merengang dan anda akan merasa kembung. Atasi dengan jangan makan dalam jumlah besar akan membuang anda kembung dan tak nyaman, dan hindari makanan yang menyebabkan banyak gas seperti jagung, permen, bawang merah.
  4. Di usia kehamilan 6 bulan, janin telah dapat mendengar apa yang terjadi di luar perut sang ibu. Pada masa ini, ada baiknya mulai memperdengarkan berbagai perangsang yang dapat membantu perkembangan otak, emosi, dan kecerdasan si calon bayi seperti music klasik, lantunan ayat-ayat suci (bagi muslim), kata-kata penenang, dan sebisa mungkin ajak ia berinteraksi. Cara-cara tersebut akan dapat membantu indera pendengarannya agar terpacu untuk berfungsi dengan baik serta menimbulkan efek kedekatan emosional antara calon buah hati dan orang tua atau keluarga terdekat.
  5. Janin telah dapat meringkuk pada usia 6 bulan kehamilan, di sinilah fungsi tulang yang mulai menguat sangat diperlukan karena janin membutuhkannya untuk menopang tubuhnya sendiri ketika dalam posisi tersebut. Akan tetapi, posisi ini akan sangat melelahkan bagi ibu karena ruang tempat janin berada telah semakin terasa sempit sehingga bukannya tidak mungkin bagi si bayi untuk menendang lebih banyak dan lebih kuat sehingga ibu juga memerlukan tambahan tenaga untuk menahannya.
  6. Yang perlu diperhatikan adalah fakta bahwa pada usia 6 bulan tersebut, janin telah mampu membangun kedekatan emosional dengan sang ibu maupun dunia luar. Hal tersebut sangat ditekankan karena selain janin telah dapat mendengar suara-suara, ia juga dapat merasakan apa yang dirasakan berbagai emosi yang dialami ibu seperti senang, sedih, takut, bahkan stress. Oleh sebab itu, pada masa-masa ini, sangat penting bagi ibu untuk pandai mengatur emosi yang dirasakannya. Tapi bukan berarti sang ibu harus sekuat tenaga untuk menahan berbagai emosi tersebut karena justru akan membuatnya semakin tertekan. Stress yang dialami ibu justru lebih beresiko terhadap janin. Ada baiknya ibu dapat memberikan control yang baik terhadap bagaimana ia merasakan dan meluapkan emosi-emosi tersebut.

Dan yang menarik lainnya pada usia 6 bulan kehamilan ini adalah sang ibu dapat merasakan pergerakan bayi. Namun mungkin pada pengalaman pertama hamil sang Ibu terkadang tidak mengenali pergerakan sang bayi.

2 comments:

  1. alhamdulillah.. nice artikel...
    sangat bermanfaat.. terima kasih

    ReplyDelete
  2. terimakasih buat infonya.....saya langsung info kepada istri saya dirumah.

    ReplyDelete